Mendagri Tito Karnavian Harap Peserta Pilkada Serentak Angkat Isu Penanganan Covid-19

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyadari Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19 memang menjadi kontroversi. Namun, dia menegaskan, ajang pemilihan kepala daerah ini harus menjadi peluang untuk mengurangi dampak dari Covid-19 tersebut.

“Pilkada ini kita harus ubah tantangan menjadi peluang. Jadi ubah tantangan menjadi peluang. Kita semua bergerak agar isu yang diangkat, isu sentral yang diangkat dalam kontestasi Pilkada, itu isu tentang penanganan Covid. Efektivitas penanganan Covid daerah itu dan penanganan dampak sosial ekonominya,” kata Tito, Senin (22/6).

Dia menegaskan, jika isu penanganan Covid-19 ini diangkat, maka isu-isu primordial yang bisa buat konflik masyarakat bisa dicegah.

“Kalau itu bisa jadi isu sentral, maka bisa menekan isu-isu yang lain, yang primordial yang kadang-kadang membuat konflik masyarakat,” ujar mantan Kapolri ini.

Selain itu, lanjut Tito, jika isu Covid-19 menjadi yang utama, maka calon yang incumbent akan bersungguh-sungguh menangani pandemi tersebut. Sementara calon kepala daerah nonimcumbent akan mencari kelemahan kepala daerah yang tak bisa menangani Covid-19.

“Ini juga menjadi amunisi juga bagi yang non incumbent,” pungkasnya.

 

 

Sumber: Merdeka.com