Menko Luhut Sebut Masa Kritis Indonesia 3 Bulan ke Depan Sampai Vaksin Datang

JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyebut vaksin anti Corona akan tiba di Tanah Air pada Desember mendatang. Sehingga masa kritis penularan virus jenis baru Corona ini akan berlanjut hingga tiga bulan mendatang.

“Saya kira juga ini untuk semua critical time kita ini 3 bulan ke depan, sampai mulai nanti vaksin ini jalan pada Desember 2020,” ujar dia dalam konferensi pers virtual tentang pengendalian Covid 19 di 8 provinsi ditulis Sabtu (19/9).

Mantan Purnawirawan TNI itu mengatakan, saat ini Indonesia telah bekerja sama dengan Uni Emirat Arab dan mendapatkan vaksin sebanyak 20 juta. Kemudian akan diajukan vaksin tambahan sebanyak 10 juta, total 30 juta vaksin akan disiapkan pemerintah untuk membasmi virus mematikan itu.

“Kita sudah dapat 20 juta dari Uni Emirat Arab dan akan mulai didistribusikan pada Desember, yang kita ingin tambahkan 10 juta. Jadi 30 juta maka akan cukup,” tambah Menko Luhut.

Kendalikan Penyebaran Virus Lewat Protokol Kesehatan

Sampai vaksin berhasil didistribusikan, lanjut dia, pemerintah akan terus mengendalikan penularan Virus Corona melalui pengetatan protokol kesehatan dengan didukung oleh BNPB, TNI AD, Polri, serta Pemerintah Daerah setempat. Untuk itu, masyarakat diimbau agar lebih taat menerapkan protokol kesehatan dimasa krisis kedaruratan kesehatan ini.

“Jadi, kita harus menjaga satu sama lain. Dan harus kita upayakan, jangan sampai ada outbreak (wabah),” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan bahwa masih ada beberapa masyarakat di Indonesia yang percaya bahwa mereka tidak akan tertular covid-19. “Masyarakat harus sadar bahwa virus covid-19 merupakan virus berbahaya, utamanya bagi orang yang rentan,” jelas dia.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk bekerja dan melakukan aktifitas dari rumah. “Dengan itu kita bisa menyelamatkan 85 persen masyarakat di Indonesia,” tegasnya.

 

 

Sumber: Merdeka.com