Pilot-Pilot AS Laporkan Lihat Manusia Terbang Pakai Jetpack

Baru-baru ini Bandar Udara Los Angeles dibuat heboh dengan laporan beberapa pilot yang mengaku melihat manusia terbang. Menggunakan jetpack, mereka sampai ke ketinggian 914 meter.

Kemunculan pertama manusia terbang, yang diduga memakai jetpack itu, terjadi saat sebuah pesawat akan mendarat di Bandar Udara Los Angeles. Manusia terbang itu dilaporkan berada di jalur yang sama dengan lintasan pendaratan.

Pilot kedua yang melhat manusia terbang itu saat berada di ketinggian 1.000 kaki, atau sekitar 914 meter.

Laporan pilot-pilot tersebut saat melihat manusia terbang terekam dalam pembicaraan dengan Air Traffic Control Bandara Los Angeles.

PILOT AA1997: Tower, American 1997, kami baru saja melihat seorang pria memakai jetpack.

ATC: Okay, thank you. Apakah di ada di sisi kanan atau kiri?

ATC AA1997: Di sisi kiri, mungkin (berjarak) 300 yards, dalam ketinggian yang sama.

Sektar 10 menit berselang, pilot lain melaporkan kejadian yang sama. Pilot kedua juga mengonfirmasi melihat pria terbang memakai jetpack.

Atas kejadian itu, ATC Bandara Los Angeles mengeluarkan peringatan pada setiap pesawat yang mendekat. Sementara itu FAA (Federal Aviation Administration, Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat), memastikan akan melakukan penyelidikan.

SPIELBERG, AUSTRIA - JULY 01: An entertainer with a jetpack performs before the Formula One Grand Prix of Austria at Red Bull Ring on July 1, 2018 in Spielberg, Austria.  (Photo by Mark Thompson/Getty Images)

Mesin jetpack sudah banyak dibuat, namun hanya bisa mengantar pemakainya terbang beberapa meter saja di atas permukaan tanah (Getty Images)

FBI dan Kepolisian Los Angeles juga langsung turun tangan melacak hal tersebut. ‘Kami bekerja untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi di sini,” kata petugas juru bicara LAPD, Laura Eimiller pada CNN.

Jetpack, atau serng juga dsebut rocket pack, adalah peralatan untuk terbang yang dipakai di punggung (selayaknya tas punggung). Umumnya berisi gas, jetpack berfungsi membuat pemakainya terbang atau melayang udara.

Jetpack pada awalnya muncul pada cerita-cerita science fiction sekitar 100 tahun lalu. Melalui ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi, jetpack sungguhan sudah dibuat dalam beberapa versi, bentuk, serta mekanisme. Namun sampai saat ini tidak ada yang dilaporkan benar-benar bisa dipakai terbang seperti di cerita komik atau film layar lebar.

Setidaknya sampai pilot-pilot Amerika Serikat itu melihatnya sendiri.

 

 

 

Sumber: Detik.com